Jumpa lagi sama mionis’t
kurniawan saudara-saudara :)
Mionis’t
Kita tau kan
tentang CVT?
Yaaa benar
sekali*
(yang jawab
Cuma gw sendiri :D)
Continuous Variable Transmission atau biasa
yang disebut CVT menjadi penyalur
tenaga dari mesin menuju roda belakang pada motor matic. CVT terdiri atas
pulley primer,v-belt dan pulley sekunder,
Karena CVT merupakan komponen
bergerak maka pelumasan menjadi sangat penting dan pelumasannya tidak
menggunakan oli tapi Grease/vet/stempet.
Grease yang digunakan
tidak boleh yang sembarangan,grease yg digunakan itu khusus yg tahan akan panas
yang berasal dari mesin agar tidak terjadi pencairan pada grease tersebut.
Perlu diketahui
:
- · grease CVT botol kuning untuk pulley sekunder
- · grease CVT botol transparant untuk pulley primer
perlu dilakukan penggantian secara
periodik yaitu setiap 10.000-15.000km. Penggantian grease CVT ini cukup mudah loh...
jika terjadi
kebocoran pada sil,sebaiknya
dilakukan penggantian,karena kalo tidak di ganti kemungkinan grease nya bocor dan apabila dibiarkan bocor maka
grease/vet nya akan masuk ke dalam clucht carrier /kopling ganda dan rumah
kopling ganda sehingga bisa terjadi selip
kopling ganda, dan kalau kopling ganda nya selip bisa di pastikan tarikan awal
nya akan terasa getar saat awalan.
Mungkin itu
saja isi untuk bagian CVT..
Saran,masukan,dan
sanggahan kami terima untuk kemajuan bersama J
PANTUN DARI Mr.B
Ada dompet,ada
uang...
Uangnya untuk
beli bakwan J
Kalo ada waktu
yang luang...
Jangan segan
membuka blog kurniawan J
No comments:
Post a Comment