Thursday, May 9, 2013

Merawat CVT Mio


Jumpa  lagi sama mionis’t kurniawan saudara-saudara :) 
Mionis’t
Kita tau kan tentang CVT?
Yaaa benar sekali*
(yang jawab Cuma gw sendiri :D)

Continuous Variable Transmission atau biasa yang disebut CVT menjadi penyalur tenaga dari mesin menuju roda belakang pada motor matic. CVT terdiri atas pulley primer,v-belt dan pulley sekunder,
Karena CVT  merupakan komponen bergerak maka pelumasan menjadi sangat penting dan pelumasannya tidak menggunakan oli tapi Grease/vet/stempet.
Grease yang digunakan tidak boleh yang sembarangan,grease yg digunakan itu khusus yg tahan akan panas yang berasal dari mesin agar tidak terjadi pencairan pada grease tersebut.
Perlu diketahui :
  • ·         grease CVT botol kuning untuk pulley sekunder
  • ·         grease CVT botol transparant untuk pulley primer

perlu dilakukan penggantian secara periodik yaitu setiap 10.000-15.000km. Penggantian grease CVT ini cukup mudah loh...
jika terjadi kebocoran pada sil,sebaiknya dilakukan penggantian,karena kalo tidak di ganti kemungkinan grease nya bocor dan apabila dibiarkan bocor maka grease/vet nya akan masuk ke dalam clucht carrier /kopling ganda dan rumah kopling ganda sehingga bisa terjadi selip kopling ganda, dan kalau kopling ganda nya selip bisa di pastikan tarikan awal nya akan terasa getar saat awalan.
Mungkin itu saja isi untuk bagian CVT..
Saran,masukan,dan sanggahan kami terima untuk kemajuan bersama J

PANTUN DARI Mr.B

Ada dompet,ada uang...
Uangnya untuk beli bakwan J
Kalo ada waktu yang luang...
Jangan segan membuka blog kurniawan J

No comments: